Sunday, September 18, 2011

MALAM MINGGU DI BERLIN

Berlin, Sabtu 17 September 2011


Toko Erotik di Berlin
Hari Pertama datang di Berlin, kami memutuskan untuk makan malam di kawasan K'damm. Kebetulan cuaca cerah dan matahari tenggelam sekitar jam 19:30. Tempat yang kami pilih cukup ramai dikunjungi, salah satu indikasi bahwa restoran ini masakannya enak. Ternyata tempatnya pun asik, sangat terasa nuansa Eropa-nya. Ya iyalah.. yang berwajah Asia cuma kami berdua, saya dan seorang peserta dari 'kadin' German di Jakarta. 

Restoran tempat yang pilih letaknya di pojok dekat perempatan. Dari tempat kami duduk terlihat sebuah toko yang membuat mata terbelalak. Makan pun jadi makin nikmat. Menu yang saya pilih untuk makan malam adalah spaghetti bolognese. Harganya 6.00 Euro (1 Euro = Rp. 12.080,- pd tgl 15 September 2011). Porsinya ternyata untuk orang Eropa, jadi banyak sekali. Nggak habislah sekali santap. So, pasti kubawa pulang ke hotel untuk disimpan, siapa tahu kelaparan mendadak punya persediaan makanan siap saji tinggal dihangatin pake microwave. Saya juga memesan minuman lemon hangat seharga 2.50 Euro.  



Awalnya kami sempat berpikir makan dengan harga segitu termasuk mahal. Ya kalau setiap kali membeli ini itu dikurs-kan ke mata uang rupiah, jatuhnya akan selalu mahal dan Ini karena kami berpikir bahwa bayarnya pakai uang sendiri yang dibawa dari Indonesia. Uang rupiah kita yang ditukar euro. Tentu saja akan terasa mahal. Padahal sebenarnya tidak seperti itu. IIJ memberi kita allowance (baru Sabtu pagi tadi dibagikan). Nah, gunakan uang itu semestinya. Ya itu tadi, untuk membeli makan malam. Ya kan.. ?! Artinya kita tidak bayar pakai uang sendiri... 

Setelah merasa cukup menikmati suasana malam minggu sambil santap malam, kami pun memutuskan pulang ke hotel sekitar jam 20:00 waktu Berlin. Cuaca tidak  begitu dingin dan rasanya masih dinginan puncak pass Bandung deh.. Pakai kaos pun tubuh masih bisa menerima suhu udara malam di Berlin.

(bersambung..)





No comments: