Sunday, September 18, 2011

DISAMBUT MATAHARI BERLIN (Part1)

Berlin, 17 September 2011


Citadines Hotel. Masing-masing peserta mendapat satu kamar dengan fasilitas lengkap ala apartemen. Panitia mendatangi satu persatu kamar peserta untuk memberikan 1 tas, isinya antara lain:





  • Brosur tentang Multimedia and Online Journalism (ini short course yg saya ikuti), Promoting Professional Media, economics and Business Journalism, IIJ Summer Academy.
  • German Word by word. Semacam phrase-book, siapa tau kesulitan ngomong English, bisa buka nih buku ada bahasa German-nya dan cara ngucapin.
  • Brosur tentang Berlin, termasuk Berlin map dan S+U-Bahn-Netz yaitu brosur berisi informasi tentang peta metro (kereta underground) dan bus yang stasiun dan haltenya saling terintegrasi. 


  • Buku 'Online Media Management' yang dikeluarkan IIJ. Berisi tentang foto-foto staff yang akan melayani partisipan, foto-foto peserta dan informasi umum yang perlu diketahui peserta terkait dengan kursus dan general informasi tentang Berlin termasuk alamat Kantor Kedutaan Negara masing-masing partisipan.
15 Peserta dari 10 Negara
  • Tiket Kereta dan Bus langganan. Berlaku untuk tujuan kemana pun di kota Berlin, sehingga partisipan tidak perlu mengeluarkan uang lagi dari hotel ke tempat kursus atau berbagai tujuan lain di Berlin. Caranya, cukup dengan menunjukkan tiket bus pada supirnya atau tunjukkan pada petugas kereta jika ditanya saja. 
  • ID Card dari GIZ. Ini juga penting karena dengan ID Card ini kita bisa masuk ke tempat-tempat wisata free of charge. Cukup dengan menunjukkan ID Card tersebut dan Kartu Pers yang kita bawa. 
Masing-masing peserta kursus juga mendapatkan allowance untuk biaya hidup selama tinggal di Berlin, yaitu untuk makan siang dan malam. Sehari mendapat 24 euro, tapi jika ada acara makan malam yang diadakan Panitia, allowance-nya dikurangi oi. Ah, berapa pun ya tetap disyukuri. Total selama kami disini mendapat allowance sebesar 289.20 Euro. Sarapan sudah disediakan oleh pihak Hotel selama kami tinggal disini. Begitu pula dengan teh dan coffee, disediakan oleh Hotel sepanjang hari, free. 

Saya sengaja membawa botol minum kosong dari rumah supaya nggak selalu membeli air minum. Hemat, karena harga air mineral cukup lumayan disini. Harga 1 liter air 0.50 euro  (1 euro = Rp. 12.080,-). Jadi setiap kali jalan-jalan, saya isi botol air dengan menggunakan air kran di hotel yang aman untuk langsung diminum. 

Pk. 15:30 waktu Berlin, kami diajak keliling sekitar hotel dengan berjalan kaki. Matahari Berlin masih bersinar terang, membuat langkah kaki kami jadi ringan. Kedatangan kami benar-benar disambut sinar matahari Berlin jelang autumn. Staff IIJ menjelaskan pada kami, bahwa toko-toko groceries di sekitar hotel, harganya mahal dan tutup pada hari Minggu. (bersambung..)

No comments: