Sunday, August 05, 2012

Disambut Matahari Berlin (Part 2)

Sabtu, 17 September 2011


Setelah seluruh peserta mendapat pembagian tas berisi informasi kursus termasuk jadwal, brosur, dan uang saku, sore hari kita dikumpulin di lobi hotel. Sore itu sekitar jam 15:30 waktu Berlin. Matahari masih bersinar terik, terang benderang. Kami diajak jalan-jalan mengelilingi satu blok, sekaligus memperkenalkan lokasi sekitar hotel. Tentu saja kami jalan kaki. Kesempatan ini pun tidak saya sia-siakan untuk memotret apa saja yang menarik di mata saya. Nah ini hasil jepretannya... meski pas-pasan tapi cukup asik buat dinikmati. Selamat menikmati!



Kurfurstendamm salah satu jalan protokol di German, dekat sekali dengan lokasi hotel tempat kami menginap. Jalan ini sangat penting bagi peserta kursus karena dari dan kemana pun, pulangnya harus menuju ke jalan Kurfurstendamm yang disingkat dengan sebutan K'damm. 



Papan petunjuk di halte bus dilengkapi dengan nomor bus, tujuan dan durasi waktu yang menunjukkan berapa menit lagi bus tiba di halte tersebut. Asiik ya.. calon penumpang ga bakalan galau. Pengalaman saya, busnya nyaris on time semua saat tiba di halte, sesuai dengan menit yang tertera di signboard. Bagi yang sudah berlangganan, ketika naik bus cukup dengan menunjukkan tiketnya. Bagi yang tidak berlangganan, ya bayar di atas.  



Trotoar di jalan K'damm. Sangat lebar dan nyaman untuk pejalan kaki. Uniknya, etalase toko diletakkan ditengah trotoar. Rapi ya...



Tempat persewaan sepeda mudah dijumpai di Jerman. Nyaris setiap blok ada 'rent a bike' Orang German senang bersepeda karena jalanan datar dan ada  jalur khusus sepeda.


Barang bekas atau used goods ternyata ada juga di Jerman, bahkan ada pasarnya khusus. Ini salah satu toko di sekitar hotel yang memajang sepatu bekas di depan toko. 

(bersambung...)

No comments: