Sunday, August 05, 2012

CULTURAL DAY

Berlin, September 19 Sept, 2011
Hari ke-3 di Berlin | Hari ke-1 kursus

Meski baru memasuki hari pertama kursus, namun jadwal sudah padat. Malam hari digelar acara 'Cultural Event'. Selesai kursus jam 5 sore, kami tidak pulang ke hotel. Bersama-sama kita menuju ke kawasan K'damm untuk menikmati masakan Turkey. Ya, biasanya acara makan bersama short course internasional seperti ini, memilih restaurant yang 'halal' dan masakannya cocok untuk semua peserta. DI German ya pilihannya restoran khas Turkey. 

Siapa yang traktir makan? Tentu saja masing-masing peserta. Jadi begini... Masing-masing kan mendapat uang saku sehari 24 Euro. Namun, ada kegiatan wajib yang harus diikuti dan biayanya dipotong dari uang saku, seperti acara makan malam bersama ini. Uang sih sudah dipotong dari awal pada saat diserahkan. Maka uang saku yang kita terima tidak utuh 24 Euro, tapi sebesar 23 Euro sekian. Ah, masih sangat cukup buat biaya hidup. Transport sudah ditanggung, sarapan di Hotel, praktis hanya makan siang dan malam saja pengeluaran peserta. Jika mau hemat, ya masak nasi untuk makan malam. Okay, tentang menyiasati hidup di luar negeri, akan dibeberkan kemudian. Ini salah satu foto kita saat acara makan malam bersama. 


Saya (batik hijau), Grace (peserta dari Kadin German Indonesia), Antonella (ungu tua) dan Sabrina (paling depan) saat makan malam bersama.



No comments: